Pembahasan ekonomi selalu terkait dengan
konsumsi. Konsumen yang merupakan orang yang mengkonsumsi barang atau jasa
mempunyai peran yang sentral selain produsen. Interaksi antara konsumen dan
produsen ini yang nantinya akan membentuk sebuah pasar melalui permintaan dan
penawaran. Konsumen sebagai pihak yang membeli barang atau jasa yang disediakan
pasar tentunya mempunyai beberapa alasan ketika memutuskan untuk melakukan
transaksi pembelian. Tingkah laku konsumen inilah yang akan kita bahas pada
makalah ini.
Seperti kita ketahui bersama pendapatan
yang dimiliki oleh konsumen sifatnya terbatas tetapi kebutuhan konsumen
sifatnya tidak terbatas. Sehingga masalah utama yang dihadapi konsumen adalah
bagaimana cara mengalokasikan pendapatannya yang terbatas untuk memenuhi
kebutuhan barang dan jasa secara tepat supaya tingkat kepuasannya maksimal. Dari
sinilah konsumen harus menggunakan pendapatnya seefisien dan seefektif mungkin
untuk mendapatkan kepuasan paling maksimal dari konsumsi barang dan jasa. Untuk
mengetahui tingkah laku konsumen dalam memaksimalkan pendapatannya ini digunkan
beberapa pendekatan yaitu:
1. Pendekatan Nilai Guna
Kardinal
2. Pendekatan Nilai Guna
Ordinal
3. Pendekatan Revealed
Preference
4. Pendekatan Atribute
Untuk pembahasan selengkapnya bisa diunduh DISINI (versi pdf)
0 comments:
Post a Comment