Home » , » TEORI KONSUMSI ( TINGKAH LAKU KONSUMEN )

TEORI KONSUMSI ( TINGKAH LAKU KONSUMEN )


Pembahasan ekonomi selalu terkait dengan konsumsi. Konsumen yang merupakan orang yang mengkonsumsi barang atau jasa mempunyai peran yang sentral selain produsen. Interaksi antara konsumen dan produsen ini yang nantinya akan membentuk sebuah pasar melalui permintaan dan penawaran. Konsumen sebagai pihak yang membeli barang atau jasa yang disediakan pasar tentunya mempunyai beberapa alasan ketika memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian. Tingkah laku konsumen inilah yang akan kita bahas pada makalah ini.
Seperti kita ketahui bersama pendapatan yang dimiliki oleh konsumen sifatnya terbatas tetapi kebutuhan konsumen sifatnya tidak terbatas. Sehingga masalah utama yang dihadapi konsumen adalah bagaimana cara mengalokasikan pendapatannya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa secara tepat supaya tingkat kepuasannya maksimal. Dari sinilah konsumen harus menggunakan pendapatnya seefisien dan seefektif mungkin untuk mendapatkan kepuasan paling maksimal dari konsumsi barang dan jasa. Untuk mengetahui tingkah laku konsumen dalam memaksimalkan pendapatannya ini digunkan beberapa pendekatan yaitu:
1. Pendekatan Nilai Guna Kardinal
      2.  Pendekatan Nilai Guna Ordinal
      3.  Pendekatan Revealed Preference
      4.  Pendekatan Atribute
      Untuk pembahasan selengkapnya bisa diunduh DISINI (versi pdf)
      Untuk File word bisa diunduh DISINI (word 2010)


0 comments:

Post a Comment