TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK

Behaviorisme merupakan salah satu pendekatan untuk memahami perilaku individu. Behaviorisme memandang individu hanya dari sisi fenomena jasmaniah, dan mengabaikan aspek–aspek mental. Dengan kata lain, behaviorisme tidak mengakui adanya kecerdasan, bakat, minat dan perasaan individu dalam suatu belajar. Peristiwa belajar semata-mata melatih refleks-refleks sedemikian rupa sehingga menjadi kebiasaan yang dikuasai individu. Teori kaum behavoris lebih dikenal dengan nama teori belajar, karena seluruh perilaku manusia adalah hasil belajar. Belajar artinya perbahan perilaku organise sebagai pengaruh lingkungan. Behaviorisme tidak mau mempersoalkan apakah manusia baik atau jelek, rasional atau emosional; behaviorisme hanya ingin mengetahui bagaimana perilakunya dikendalikan oleh faktor-faktor lingkungan.
Dalam arti teori belajar yang lebih menekankan pada tingkah laku manusia. Memandang individu sebagai makhluk reaktif yang memberi respon terhadap lingkungan. Pengalaman dan pemeliharaan akan membentuk perilaku mereka. Dari hal ini, timbulah konsep ”manusia mesin” (Homo Mechanicus). Ciri dari teori ini adalah mengutamakan unsur-unsur dan bagian kecil, bersifat mekanistis, menekankan peranan lingkungan, mementingkan pembentukan reaksi atau respon, menekankan pentingnya latihan, mementingkan mekanisme hasil belajar,mementingkan peranan kemampuan dan hasil belajar yang diperoleh adalah munculnya perilaku yang diinginkan. Pada teori belajar ini sering disebut S-R psikologis artinya bahwa tingkah laku manusia dikendalikan oleh ganjaran atau reward dan penguatan atau reinforcement dari lingkungan. Dengan demikian dalam tingkah laku belajar terdapat jalinan yang erat antara reaksi-reaksi behavioural dengan stimulusnya. Guru yang menganut pandangan ini berpandapat bahwa tingkahlaku siswa merupakan reaksi terhadap lingkungan dan tingkahl laku adalah hasil belajar.
Aspek terpenting yang dikemukakan oleh aliran behavioristik dalam belajar adalah bahwa hasil belajar (perubahan perilaku) itu tidak disebabkan oleh kemampuan internal manusia (insight), tetapi karena factor stimulus yang menimbulkan respons. Untuk itu, agar aktivitas belajar siswa di kelas dapat mencapai hasil belajar yang optimal, maka stimulus harus dirancang sedemikian rupa (menarik dan spesifik) sehingga mudah direspons oleh siswa. Oleh karea itu siswa akan memperoleh hasil belajar, apabila dapat mencari hubungan antara stimulus (S) dan respons (R). 

Materi selengkapnya bisa didownload DISINI

MATERI SUMBER DAYA BUATAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA (Pendidikan Lingkungan Hidup)

Sumber Daya Buatan (SDB) adalah sumber daya alam yang telah ditingkatkan dayagunanya untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kepentingan pertahanan negara. Pemanfaatan sumber daya buatan akan mengurangi eksploitasi sumber daya alam sehingga tetap dapat menjaga keseimbangan ekosistem suatu wilayah Dan hasil pengembangan dari sumber daya alam adalah untuk meningkatkan jenis unggul, yang dalam pemanfaatan dan pengelolaannya dapat menunjang tingkat perkembangan wilayah dengan tetap menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah tersebut.
Membahas tentang manusia berarti membahas tentang kehidupan sosial dan budayanya, tentang tatanan nilai-nilai, peradaban, kebudayaan, lingkungan, sumber alam, dan segala aspek yang menyangkut manusia dan lingkungannya secara menyeluruh.Manusia bertindak sosial dengan cara memanfaatkan alam dan lingkungan untuk menyempurnakan serta meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Manusia mempunyai pengaruh penting dalam kelangsungan ekosistem, tindakan-tindakan yang diambil atau kebijakan-kebijakan tentang hubungan dengan lingkungan akan berpengaruh bagi lingkungan dan manusia itu sendiri.
Manusia memiliki tugas untuk menjaga lingkungan demi menjaga kelansungan hidup manusia itu sendiri dimasa akan datang.Manusia perlu mengambil kebijakan-kebijakan terhadap lingkungan sebagai usaha untuk memperoleh efisiensi pemanfaatan sumber alam dan lingkungan. Kita sebagai manusia wajib menyadari bahwa kita saling terkait dengan lingkungan yang mengitari kita. Kemampuan kita untuk menyadari hal tersebut akan menentukan bagaimana hubungan kita sebagai manusia dan lingkungan kita. Hal ini memerlukan pembiasaan diri yang dapat membuat kita menyadari hubungan manusia dengan lingkungan.

Materi selengkapnya bisa didownload DISINI

SITUS DOWNLOAD MUSIK TERBARU

Lagu telah menjadi bagian dari hidup kita. Rasanya tak pernah kita lalui hari tanpa mendengar sebuah musik, entah melalui radio, TV, HP maupun dari orang yang sedang menyanyikan sebuah lagu. Tetapi terkadang kita kesulitan untuk mendapatkan sebuah lagu yang kita inginkan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas website yang menyediakan mp3 untuk kita download secara gratis.

1. Index of mp3
Situs ini menurut penilaian saya adalah situs penyedia lagu mp3 yang paling komplit dan mudah digunakan. Ketika lagu yang kita inginkan tidak tersedia dalam bntuk mp3, situs ini menyediakan convert video clip menjadi mp3 yang bersumber dari youtube.

2. Stafaband
Situs ini juga menawarkan puluhan ribu mp3 yang bisa didownload secara gratis. Tidak hanya download mp3 gratis, situs ini juga memberikan info tentang lagu tersebut mulai dari biografi singkat penyanyi dan sebagainya. Tidak lupa juga situs ini mnyediakan lirik lagu dan mendengarkan online. Satu kelemahan dari situs ini adalah akses untuk download yang harus menggunakan mozilla firefox.

3. Gudang lagu
Situs ini juga cukup familiar di kalangan peselancar dunia maya. Di situs ini disediakan juga video clip lagu yang kita inginkan. Gudanglgu.com juga menyediakan tanggal lagu.

Inilah 3 situs penyedia mp3 yang bisa didownload secara gratis. Sebenarnya situs-situs diatas tidak menyediakan mp3 tetapi lebih ke search engine lagu mp3. Tetapi alangkah lebih baiknya kalau kita membeli CD nya yang asli. Semoga bermanfaat.